Portal Berita Islam Terpercaya

Jumat, 23 Desember 2016

4500 Warga Suriah Berhasil Dievakuasi ke Tempat Aman

Sekitar 45.000 warga Aleppo Suriah telah tiba di daerah yang aman.
Proses evakuasi warga Suriah

bersamaislam.com Aleppo - Evakuasi warga sipil dan milisi dari bekas kubu oposisi di Aleppo timur Suriah telah selesai. Kabar tersebut diutarakan oleh salah seorang koresponden media Anadolu Agency yang sedang berada di daerah tersebut pada Kamis malam (22/12). Menurut koresponden tersebut, hingga saat ini sekitar 45.000 orang telah tiba di daerah yang aman yang dikuasai oleh kubu oposisi sejak 15 Desember lalu.

Koresponden menambahkan bahwa pasukan rezim Bashar Al-Assad dan kelompok teroris asing pro-rezim sekarang telah benar-benar menguasai Aleppo.

Pada hari Kamis (22/12), sekitar 3.500 orang dievakuasi dengan bus konvoi yang terdiri dari 10 bus dan 420 kendaraan pribadi.

Berdasarkan perjanjian gencatan senjata yang diinisiasi pada pekan lalu oleh Turki dan Rusia, warga sipil yang terperangkap di Aleppo Timur diizinkan untuk memasuki kota yang dikuasai oposisi yaitu Idlib.

Pada hari Jumat (23/12), proses evakuasi untuk sementara ditunda setelah kelompok teroris asing pro-rezim Assad menyerang konvoi sipil di jalan keluar dari kota, yang membuat sejumlah pengungsi tewas.

Evakuasi akan dilanjutkan pada Senin (26/11) di bawah kesepakatan yang diambil pada minggu lalu yang memutuskan untuk mengevakuasi ribuan warga sipil dan milis dari kota yang sedang berkecamuk tersebut.

Pada hari Selasa (27/12), menteri luar negeri Turki, Rusia dan Iran akan bertemu di Moskow untuk membahas perkembangan terbaru di Suriah serta mencari solusi untuk perang yang telah terjadi sejak awal tahun 2011 tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.