Portal Berita Islam Terpercaya

Rabu, 21 Desember 2016

Turki, Rusia dan Iran Deklarasi Damai Suriah

Javad Zarif dan Mevlut Cavusoglu

bersamaislam.com Moscow - Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov pada Selasa (20/12) mengatakan bahwa Pemerintah Rusia, Turki, dan Iran telah menyetujui deklarasi bersama untuk menemukan solusi damai di Suriah.

Pernyataan Lavrov tersebut diutarakannya saat menghadiri pertemuan trilateral Suriah dengan rekan-rekan dari Iran dan Turki yaitu Javad Zarif dan Mevlut Cavusoglu yang diadakan di kota Moskow.

Dia mengatakan bahwa deklarasi bersama tersebut disepakati untuk menemukan solusi damai di Suriah.

"Kerjasama Turki-Rusia-Iran ini untuk memastikan selesainya evakuasi warga sipil dan kelompok-kelompok bersenjata di Aleppo timur," kata Lavrov.

Dia berharap evakuasi tersebut akan berakhir dalam satu atau dua hari. Ia juga mengakui bahwa format trilateral tersebut sangat efektif.

"Format yang paling efisien dan efektif untuk memecahkan krisis Suriah adalah format trilateral seperti saat ini," tambahnya seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (20/12).

Mevlut Cavusoglu yang mewakili Turki mengatakan bahwa sekitar 37.500 orang telah dievakuasi dari Aleppo sejauh ini.

"Solusi terbaik adalah solusi politik. Kami percaya hal ini akan berhasil, karena itu kami harus fokus," jelas Cavusoglu.

Cavusoglu juga mengatakan bahwa negara yang dipimpin oleh Presiden Erdogan tersebut akan mengusahakan upaya terbaik untuk Suriah.

"Kami terus mengupayakan untuk menghentikan pertumpahan darah di Suriah, kemudian mengusahakan gencatan senjata secara permanen di seluruh negeri tersebut, dan mengusahakan bantuan kemanusiaan tanpa hambatan dari semua pihak," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.