Portal Berita Islam Terpercaya

Sabtu, 17 Desember 2016

Obama: Darah & Kekejaman Ini Berada Di Tangan Assad, Rusia & Iran

Ribuan warga menunggu giliran mereka dievakuasi dari Aleppo timur ke lokasi yang lebih aman

bersamaislam.com - Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama berkomentar keras dengan menyebut rezim pemerintahan Bashar Assad di Suriah sebagai pihak yang bertanggung jawab atas tragedi kemanusiaan yang berlangsung di Aleppo.

"Dunia bersatu dalam serangan biadab yang mengerikan oleh rezim Suriah bersama sekutunya Rusia dan Iran di kota Aleppo. Darah dan kekejaman ini berada di tangan mereka," kata Obama, dilansir Theguardian (16/12).

Proses evakuasi di Aleppo kembali dilanjutkan setelah sebelumnya sempat tertunda karena pasukan pro-pemerintah Assad meminta warga dari dua distrik yang dikuasai pejuang ikut dievakuasi.

Dua distrik itu adalah Fua dan Kefraya, dua desa syiah di bawah provinsi Idlib yang selama ini dikuasi oleh pejuang Islam. Ini sebagai bentuk konsesi kepada Iran karena Teheran telah menyokong pasukan milisi yang bergabung dengan pasukan pemerintah Assad.

Turki dan Rusia telah memprakarsai kesepakatan baru untuk mengevakuasi ribuan warga yang terjebak di Aleppo timur. Sejak Kamis, sekitar 8000 warga telah berhasil dipindahkan ke lokasi yang lebih aman, namun masih tersisa 10 ribuan lagi yang menunggu rombongan bus dan ambulan.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.