Portal Berita Islam Terpercaya

Selasa, 13 Desember 2016

Innalillahi, Bom Tewaskan 25 Warga Mesir. Universitas Al-Azhar: Kami Mengecam Teror Ini

Universitas al-Azhar mengecam aksi teror di gereja koptik kota Kairo Mesir yang menewaskan 25 warga.
Bom meledak di sebuah gereja Kristen Koptik Mesir

bersamaislam.com Kairo - Mesir kembali dilanda krisis keamanan. Pada hari Minggu (11/12) bom yang berdaya ledak besar meledak di sebuah gereja Kristen Koptik di Distrik Abbasiyah, Kairo. Aparat keamanan setempat masih menyelidiki insiden serangan bom tersebut dan hasil penyelidikan sementara, bom yang digunakan dalam aksi teror tersebut sering merupakan bom yang sama dengan yang dipakai untuk meledakkan bangunan-bangunan yang besar.

"Ledakan di gereja tersebut disebabkan oleh bom berjenis Trinitro (TNT) dengan berat 12 kilogram," jelas sumber dari badan keamanan seperti dilansir Republika pada Senin (12/12).

Sejenak setelah pemboman tersebut, pasukan keamanan Kairo langsung melakukan penyisiran dan memblokir jalan-jalan utama di seputaran gereja Katedral St Markus Kairo terletak berdekatan dengan lokasi kejadian.

Setelah kejadian tersebut, ratusan pendemo yang beragama Islam dan Koptik berkumpul di depan gereja katedral tersebut dan menggelar aksi simpatik sambil meneriakkan yel-yel untuk mengecam serangan bom tersebut.

Kementerian Kesehatan Mesir melaporkan bahwa insiden bom tersebut menewaskan sedikitnya 25 orang dan menyebabkan 49 orang luka-luka.

Aksi teror tersebut juga dikecam oleh Universitas al-Azhar selaku kampus Islam tertua di dunia.

"Merusak rumah peribadatan dan membunuh orang yang tak berdosa adalah tindakan kriminal yang melanggar prinsip Islam. Kami akan mendukung umat Gereja Koptik dalam menghadapi serangan terorisme," ujar pihak Universitas al-Azhar melalui pernyataan resminya.

Hingga sekarang belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas aksi terorisme tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.